Workshop Penanganan Anak dengan Kecacatan FK.KADK Kab.Bandung

Pagi itu kami segenap tim dari admin @Kabar_PLB mendapatkan kesempatan sharing / berbagi ilmu dalam sebuah workshop kecil-kecilan, kenapa kecil ? ya karena pesertanya tidak lebih dari 60 orang. Workshop ini diadakan oleh Forum Komunikasi Keluarga Anak dengan Kecacatan dari Kabupaten Bandung. Sedikit admin jelaskan kenapa masih menggunakan istilah kecacatan, karena dalam perspektif & undang-undang yang dimiliki kemensos (dalam hal ini yang dinas yang mengadakan acara) masih menggunakan istilah kecacatan, belum dengan istilah individu berkebutuhan khusus.

Di acara ini admin & tim berkesempatan sharing mengenai anak berkebutuhan khusus

Di acara ini admin & tim berkesempatan sharing mengenai anak berkebutuhan khusus

Dalam kesempatan ini ada 2 sesi materi yang disampaikan oleh tim @Kabar_PLB, kemudian setelah itu peserta diajak untuk melakukan case conference. Mereka mempresentasikan kasus-kasus anak dengan kecacatan yang mereka temui di lingkungan rumahnya masing-masing. Acara ini dihadiri oleh peserta dari kalangan orang tua dari anak-anak yang memiliki kecacatan dari beberapa desa di Kabupaten Bandung, selain itu juga dihadiri oleh kader-kader desa yang aktif serta dari PSM desa masing-masing.

Setelah peserta sudah siap untuk menerima materi dari narasumber acara segera dimulai, sebelumnya ada acara minum teh & kopi dulu supaya tidak mengantuk hehe. Kesempatan pertama diisi oleh @ceu_irint dengan materi “Anak Berkebutuhan Khusus”, disini beliau menjelaskan berbagai jenis anak berkebutuhan khusus (dalam acara ini dipakai juga istilah kecacatan). @ceu_irint juga menerangkan betapa pentingnya “labeling” yang tepat pada anak, demi keberhasilan penanganan & pelayanan bagi mereka agar tepat sasaran & tidak terjadi kegagalan.

@ceu_irint sedang menjelaskan berbagai jenis kebutuhan khusus pada anak

@ceu_irint sedang menjelaskan berbagai jenis kebutuhan khusus pada anak

Peserta workshop memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan

Peserta workshop memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan

Setelah @ceu_irint selesai menyampaikan materi yang beliau bawakan, kemudian dilanjutkan oleh kang @deni_artha menyampaikan materi mengenai “Penanganan Individual bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Kesempatan ini digunakan oleh kang @deni_artha untuk memberikan pesan kepada peserta bahwa dalam penanganan anak berkebutuhan khusus itu bersifat individu, lain anak lain penanganan. Kang @deni_artha juga menerangkan jalur mekanisme penanganan bagi anak berkebutuhan khusus.

Kang @deni_artha sedang berbagi pengalaman mengenai “Penanganan Individu pada ABK”

Setelah selesai Kang @deni_artha menyampaikan pengalamannya, acara dilanjutkan dengan peserta diajak untuk melakukan case conference. Mereka mempresentasikan kasus-kasus ABK yang mereka temukan di lingkungan mereka tinggal. Kesempatan ini digunakan oleh para orang tua & para kader untuk sekalian konsultasi mengenai penanganan apa saja yang tepat untuk para ABK yang ada di sekitar lingkungan mereka.

Salah satu peserta workshop mewakili daerahnya untuk menceritakan kasus yang mereka temukan dilapangan

Salah satu peserta workshop mewakili daerahnya untuk menceritakan kasus yang mereka temukan dilapangan

Menjelang sore sekitaran jam 4 akhirnya acara selesai. Kami selaku narasumber berbincang-bincang ringan dengan para peserta untuk bertukar informasi, baik itu no kontak yang bisa dihubungi ataupun informasi lainnya. Kemudian pulang. Sampai jumpa lagi di kegiatan kami berikutnya.

Sekian posting singkat di Jum’at pagi yang berkah ini, semoga bermanfaat.

 

 

Categories: Tips-tips menangani anak berkebutuhan khusus | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: