Konsep Persepsi

Persepsi merupakan proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia. Melalui persepsi ini manusia akan terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Manusia mengenal dunia nyata, baik dirinya sendiri maupun dunia sekitarnya di mana ia berada, dengan cara melihat,mendengar, membau, meraba dan mengecap itu disebut modalitas persepsi.

Menurut Lerner, persepsi adalah batasan yang digunakan pada proses memahami dan menginterpretasikan informasi sensoris, atau kemampuan intelek untuk menyarikan makna dari data yang diterima oleh berbagai indra (Lerner, 1988: 282).

Individu akan menangkap berbagai gejala di luar dirinya melalui indera yang dimilikinya. Proses penerimaan rangsang ini disebut pengindraan. Akan tetapi pengertian terhadap lingkungan atau dunia sekitarbukan sekedar hasil pengindraan, sebab dalam persepsi ada unsur interpretasi terhadap rangsangan-rangsangan yang diterima tersebut. Interpretasi inilah yang menyebabkan individu menjadi subjek dari pengalamannya. Rangsangan-rangsangan yang diterima ini menyebabkan individu mempunyai suatu pengertian terhadap objek, kualitas, hubungan antar gejala maupun peristiwa. Karena persepsi bukan sekedar pengindraan dan didalamnya ada unsur interpretasi maka ada kalangan yang menyatakan persepsi sebagai the interpretation of experience (penafsiran pengalaman).

Persepsi juga merupakan proses yang menjembatani perangsang dan berpikir. Pada peserta didik yang menyandang gangguan otak, proses persepsi itulah yang mengalami gangguan dan hambatan. Strauss (1980) misalnya memanfaatkan psikologi gestalt untuk menjelaskan hal tersebut dan menguji kemampuan persepsi visual individu. Menurutnya suatu lapangan visual dialami sebagai serangkaian proses yang tunduk pada hukum-hkum gestalt. Artinya semakin besar kesamaan atau semakin berdampingan proses-proses itu dalam ruang dan waktu, semakin besar pula daya tarik menariknya.

Persepsi adalah proses yang memanfaatkan pengetahuan sebelumnya untuk mengumpulakn dan memaknai stimuli yang telah didaftar oleh organ pengindraan. Dua aspek persepsi yang yang sangat relevan dengan kognisi adalah rekognisi pola (pattern of recognation) dan perhatian (attention). Rekognisi pola mencakup pengidentifikasian serangkaian stimulasi pengindraan yang kompleks, seperti tulisan alphabetis, wajah seseorang atau pemandangan. Sedangkan perhatian merujuk pada konsentrasi pada tugas mental dimana individu mencoba meniadakan stimuli lain yang mengganggu.

Persepsi biasanya juga dilukiskan menurut aspek pengaturannya, supaya memungkinkan subjek melakukan orientasi. Adapun pengaturan tersebut adalah pengaturan sudut pandang ruang, waktu, gestalt dan arti. Menurut sudut pandang ruang, persepsi dilukiskan dalam pengertian-pengertian atas-bawah, kiri-kanan, jauh-dekat, tinggi-rendah, dan sebagainya. Sedangkan menurut sudut pandang waktu dunia persepsi dilukiskan dengan pengertian-pengertian seperti masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang dalam berbagai variasi.

Adapun menurut sudut pandang gestalt adalah sesuatu yang merupakan kebulatan dan dapat berdiri sendiri lepas dari yang lain, misalnya rumah, orang, meja, kursi, gambar dan sebagainya. Sementara itu menurut sudut pandang arti, objek-objek yang diamati akan diberi arti atau dipersepsi menurut artinya, seperti sebuah pabrik, sebuah sekolah, sebuah rumah kediaman, sebuah mesjid, dan sebagainya.

Menurut Lerner (1988:289) pada anak yang memiliki persepsi yang menyeluruh (whole percievers) dan ada pula anak yang mempersepsikan berbagai objek secara bagian demi bagian (part percievers). Anak yang whole percievers melihat suatu objek secara keseluruhan atau secara gestalt, sedangkan anak yang part percievers melihat suatu objek dari sudut detail dan menghilangkan gestalt.

Apa yang kalian lihat ?Barisan kapal ? atau sebuah benteng ?(Tergantung persepsi kalian)

Apa yang kalian lihat ?
Barisan kapal ? atau sebuah benteng ?
(Tergantung persepsi kalian)

Categories: Identifikasi & Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus, Tips-tips menangani anak berkebutuhan khusus | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: