Kegiatan Hari Sindroma Down Dunia 2013 di Bandung

Pukul 6.30 pagi dengan dihiasi udara kota Bandung yang masih berkabut anak-anak dengan sindroma down bersama para orang tua, saudara bahkan guru mereka bersama-sama berkumpul di Kantor Agrowisata Jl. Ir. H Djuanda kota Bandung. Mereka berkumpul di daerah yang terkenal dengan nama Dago ini bukan tanpa maksud, hari kemarin tanggal 24 Maret 2013 mereka mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka merayakan Hari Sindroma Down Dunia 2013 yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya.

Para anak dengan sindroma down beserta keluarga atau guru yang mendampingi mereka sebelumnya harus melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu di booth yang telah panitia sediakan. Bukan hanya sebagai pendataan ulang saja, disitu panitia memberikan setiap anak dengan sindroma down sebuah kaos dan gelang kegiatan acara peringatan acara hari sindroma down dunia 2013 ini.

Pendaftaran ulang peserta jalan sehat #HSDD2013 di Bandung

Pendaftaran ulang peserta jalan sehat #HSDD2013 di Bandung

Setelah pendaftaran ulang peserta anak-anak dengan sindroma down ini dibariskan dengan rapi dengan bantuan dan dampingan dari relawan yang telah disiapkan oleh panitia. Acara jalan sehat dalam rangka hari sindroma down dunia 2013 ini sangat spesial sekali dengan diberikannya sambutan spesial oleh istri walikota  sedang menjabat, yaitu oleh ibu Hj. Nani Dada Rosada yang juga merupakan ketua RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat) Kota Bandung.

Sambutan pembukaan acara oleh ibu Hj. Nani Dada Rosada

Sambutan pembukaan acara oleh ibu Hj. Nani Dada Rosada

Peserta jalan sehat berbaris rapi sebelum memulai kegiatan

Peserta jalan sehat berbaris rapi sebelum memulai kegiatan

Pagi itu anak-anak berjalan dalam cuaca yang sangat sehat dan segar, alam memang sedang bersahabat kemarin. Rute jalan sehat dalam acara kali ini adalah dari kantor Agro Wisata di Jl. Ir. H Djuanda menuju ke Jl. Cikapayang, kemudian memutar balik kembali menuju tempat semula untuk melanjutkan rangkaian acara lainnya yang telah disiapkan oleh para panitia.

anak-anak sindroma down memulai kegiatan jalan sehat

anak-anak sindroma down memulai kegiatan jalan sehat

Setelah selesai kegiatan jalan sehat dilanjutkan oleh acara kreasi seni yang menampilkan berbagai bakat dan kemampuan-kemampuan spesial para anak dengan sindroma down ini, diantaranya adalah penampilan grup djimbe, pembacaan puisi, tari-tarian tradisional, hingga suguhan dance yang sangat fenomenal di tahun 2012 kemarin yaitu gangnam style oleh para anak-sindroma down ini.

Penampilan grup Djimbe

Penampilan grup Djimbe

Sajian tarian tradisional oleh anak sindroma down dari salah satu SLB peserta kegiatan

Sajian tarian tradisional oleh anak sindroma down dari salah satu SLB peserta kegiatan

 

Dance Gangnam Style oleh anak sindroma down

Dance Gangnam Style oleh anak sindroma down

Setelah acara kreasi seni ini selesai, kemudian dilanjut oleh talkshow dengan para penyaji materi :  Prof. DR. Dadang Syarief H. Effendi, dr.Sp.A(K), Dra. Teti Ichsan Msi, dan Marintan Sirait. Talkshow ini membahas dan mendiskusikan fase-fase tumbuh kembang anak sindroma down, kesulitan-kesulitan menghadapi pubertas anak sindroma down, hingga akses pendidikan bagi anak dengan sindroma down.

Kanan ke kiri:Prof. DR. Dadang  Syarief H. Effendi, dr.Sp.A(K), ibu Marintan Sirait, Dra. Teti Ichsan M.Si (pegang mic) & moderator talkshow

Kanan ke kiri:
Prof. DR. Dadang Syarief H. Effendi, dr.Sp.A(K), ibu Marintan Sirait, Dra. Teti Ichsan M.Si (pegang mic) & moderator talkshow

Setelah seluruh rangkaian acara selesai semua saat kemarin mari kita kenalkan orang-orang hebat yang ada dibalik layar penyelenggaraan kegiatan ini. Mereka adalah orangtua spesial yang disiapkan Tuhan dengan dikaruniai anak sindroma down juga dari PIK (Pusat Informasi Kegiatan) POTADS Bandung.

Panitia inti dari PIK POTADS Bandung

Panitia inti dari PIK POTADS Bandung

Tampak sedikitkan ya ? jelas, mereka ini dibantu juga oleh teman-teman relawan dari mahasiswa berbagai jurusan dan kampus yang berada di kota Bandung. Kebanyakan mereka ini dari kampus UNINUS, UPI, UNPAS, dan UNPAD.

Foto bersama panitia & relawan #HSDD2013 di Bandung

Foto bersama panitia & relawan #HSDD2013 di Bandung

Sekian tulisan kali ini, semoga acara kali ini bermanfaat terutama untuk memberikan pemahaman keberadaan anak sindroma down bagi khalayak umum. Sampai jumpa di Perayaan Hari Sindroma Down Dunia 2014 tahun depan.

Selalu Luar Biasa, sabar luar biasa, dan semangat luar biasa.

 

 

 

Categories: Cerita-cerita Luar Biasa, Tunagrahita | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: