Menjelang Perayaan Hari Down Syndrome Sedunia 2013

Sudah lama tidak posting tulisan baru di blog karena kesibukan kerja. Semoga tulisan kali ini bisa banyak memberikan manfaat, terutama mengenai perayaan “world down syndrome day 2013“. Selamat membaca.

Sepulang dari kota Surabaya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan saya kembali menuju Bandung, seperti biasa untuk menjalani kegiatan kerja sehari-hari menangani anak berkebutuhan khusus. Seorang kolega lama yang dulu merupakan teman sekolah menghubungi saya, dia bercerita ada teman sekantornya yang dikaruniai anak down syndrome. Teman sekantor dari teman saya ini adalah seorang ibu muda yang aktif dalam forum / komunitas orang tua dengan anak down syndrome.

Singkat cerita saya kemudian dikenalkan langsung oleh teman lama saya dengan ibu ini. Kemudian kami berkenalan dan bercerita kesana kemari mengenai anak-anak yang saya tangani dan segala pengalaman kerja, beliau pun menceritakan seputar pengalamannya menangani anaknya yang mengalami down syndrome. Akhirnya sampai pada maksud utama, beliau menceritakan keinginannya untuk mengadakan perayaan hari down syndrome sedunia 2013 kali ini di kota Bandung, ini untuk pertama kalinya loh mau diadakan di Bandung.

Beliau ini bernama Ibu Rina, seorang ibu dari anak down syndrome yang aktif di komunitas “Persatuan Orang Tua Anak Down Syndrome” atau lebih dikenal dengan “Potads“. Bu Rina sangat aktif di “Potads” kota Bandung, dari mulai mengadakan kopdar (kopi darat) atau kegiatan parent support group untuk orang tua yang baru dikarunia anak down syndrome. Ibu Rina ini aktif sekali di PIK (Pusat Informasi Kegiatan) Potads kota Bandung, PIK ini sederhananya wadah cabang Potads di Bandung.

Nah hari perayaan Down Syndrome Sedunia 2013 setiap tahunnya selalu diperingati tanggal 21 Maret. Untuk tahun ini jatuh pada hari Kamis. Dengan pertimbangan kamis itu adalah hari kerja, maka acara yang direncanakan untuk merayakan hari down syndrome sedunia ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Maret 2013. Di kota Bandung insyaallah akan diadakan di sepanjang Car Free Day Dago (Jl. Ir. H. Djuanda). Untuk titik kumpul dan start dilaksanakan Kantor Agro Wisata, Jl. Ir. H. Djuanda.

Acara dan kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan adalah :

  • Kegiatan Jalan Santai Orang Tua dan anak-anak down syndrome
  • Talk show oleh para pakar pemerhati down syndrome
  • Pemeriksaan gigi gratis
  • Penampilan kreasi seni oleh anak-anak down syndrome
  • Serta kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Acara ini diadakan dengan tujuan sebagai sosialisasi anak down syndrome dikenal luas oleh masyarakat banyak, harapannya adalah menjadi lebih peduli terhadap keberadaan anak down syndrome. Lebih jauh lagi bertujuan agar suatu saat anak-anak dengan down syndrome mendapatkan kesempatan dan hak sebagai warga negara Indonesia yang sama seperti masyarakat lainnya, dari mulai aksesibilitas publik, perlindungan hukum khusus bagi penyandang down syndrome, bahkan hingga kesempatan kerja.

Peserta acara ini adalah  anak-anak down syndrome dari berbagai penjuru kota Bandung, dari sekolah-sekolah luar biasa, sekolah inklusif serta klinik tumbuh kembang anak yang menangani anak down syndrome. Peserta lain tentu adalah orang tua masing-masing anak down syndrome itu sendiri, para mahasiswa yang kelak menangani anak down syndrome, serta para stakeholder yang peduli terhadap keberadaan anak-anak dengan down syndrome ini.

Untuk acara ini kami masih membutuhkan relawan dan relawati yang rela mau membantu kelangsungan acara ini, terutama para mahasiswa yang masih senang dengan berbagai kegiatan sosial. Yak karena ini memang kegiatan sosial, bukan bermaksud cari untung. Siapa saja yang berminat silakan hubungi teman saya yang menjadi koordinator relawan untuk acara ini : Deni Artha, dengan sosial media di @deni_artha & deniartha atau hubungi langsung no kontaknya : 085624628683.

Setelah kalian mendaftar kalian akan dihubungi untuk mengikuti rapat kegiatan pelaksanaan acara, seminggu atau 2 minggu sebelum acara. Ayo segera daftarkan diri kalian untuk menjadi bagian dari acara memperingati hari Down Syndrome sedunia.

Selain membutuhkan relawan dan relawati kami dalam melaksanakan acara ini juga membutuhkan donasi untuk menutupi segala biaya untuk melaksanakan acara ini, karena sekali lagi acara ini memang diadakan secara sosial dan dari modal niat semangat yang kuat tanpa sokongan dana yang mumpuni. Oleh karena itu bila teman-teman dari Kabar PLB ingin membantu acara ini secara materil berbentuk uang.

Donasi bisa ditransfer ke bendahara PIK Potads Bandung a.n Erlyta Septa Rossa ke bank BCA dengan no rekening : 7770141570 . Kemudian setelah itu bisa mengkonfirmasi kirimannya langsung ke ibu Rina di 085722117960 dan Mira 0817888940. Besar harapan kami teman-teman Kabar PLB bisa ikut membantu mensukseskan acara ini.  Jumlah donasi akan selalu diupdate dan dicatat pemakaian dan peruntukkannya.

Target donasi adalah untuk membeli 200 paket lunch dan 200 goody bag untuk anak-anak down syndrome, syukur-syukur bisa lebih ya. Amin.

Demikian sedikit cerita dan tulisan mengenai jelang perayaan kegiatan “World Down Syndrome Day 2013”, semoga bermanfaat dan bisa ikut membantu.

Izinkan saya tutup dengan tagline acara kegiatan nanti.

PAHAMI, TERIMA, DUKUNG MEREKA MENUJU MANDIRI

Categories: Cerita-cerita Luar Biasa, Pendidikan Inklusi, Pendidikan Integrasi, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Segregasi | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: