Hiking Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sekitar 2 minggu yang lalu, kami para admin Kabar PLB mendapat kesempatan dan pengalaman berharga dari kegiatan teman-teman di Terapi Alam. Kami berkesempatan diajak mengikuti kegiatan hiking di alam bebas bersama para anak-anak berkebutuhan khusus yang mengikuti kegiatan hiking bersama Terapi Alam. Bila belum ada yang tahu apa itu Terapi Alam, akan kami ceritakan sedikit profil Terapi Alam dibawah ini, atau bisa juga disini.

Terapi alam ini adalah sebuah salah satu lembaga yang bergerak dalam penanganan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, dalam bidang outdoor activity (kegiatan di luar ruang). Kegiatannya selalu berlangsung diluar dan selalu memilih alam bebas sebagai tempat belajar dan melayani kebutuhan khusus para anak berkebutuhan khusus terutama dari segi gerak dan pengembangan motorik kasar. Kegiatan utama yang sering diadakan oleh Terapi Alam ini adalah Hiking. Tak jarang juga kegiatan lain seperti river board, camping dan berenang menjadi kegiatan yang dilaksanakan oleh Terapi Alam.

Terapi Alam ini ada hanya di Bandung, pembaca juga pasti tahu kalau Bandung memang tempatnya tempat-tempat bernuansa alam banyak dijumpai. Terapi Alam ini banyak bekerja sama dengan klinik-klinik tumbuh kembang anak (terutama yang melayani tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus) dalam kegiatannya. Banyak yang membuat Terapi Alam sebagai tempat referensi untuk orang tua anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal pengembangan kemampuan motorik kasar dan tugas-tugas perkembangan lainnya bagi anak berkebutuhan khususnya, tentunya melalui kegiatan out door activity (Hiking, renang, camping,dll).

Udah ya tentang Terapi Alam, mari kita lanjut tentang hiking untuk anak berkebutuhan khusus nya.

Pada dasarnya hiking adalah berjalan kaki di alam terbuka yang dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Hiking dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok. Begitu juga dengan anak berkebutuhan khusus pasti akan bisa melakukan kegiatan ini, tentunya berawal dari kepercayaan orang tua terhadap kemampuan anaknya.

Untuk lingkungan Terapi Alam, hiking ini dilakukan secara berkelompok dengan frekuensi dua kali seminggu yaitu pada hari sabtu pagi dan minggu pagi. Hiking di Terapi Alam juga tidak semata-mata berjalan, namun selalu ada sesuatu yang akan dipetik hikmahnya. Misalnya kita mencoba untuk mencari tantangan-tantangan dengan kita memanfaatkan kontur alam, seperti memanjat, merayap, mendaki, dan turun tebing. Tidak jarang diselipkan ilmu pengetahuan selama hiking, baik yang berkaitan dengan binatang ataupun tumbuh-tumbuhan yang ditemukan dalam perjalanan. Hal tersebut untuk menambah wawasan pengetahuan tentang pentingnya kita bersahabat dengan alam.Semua hal tersebut dilakukan untuk mengenalkan alam pada anak-anak di usia dini, tentang pemahaman, fungsi dan manfaat alam.

Di bawah ini akan kami paparkan beberapa manfaat hiking untuk anak berkebutuhan khusus :

  1. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak tentang pentingnya bekerjasama dalam kelompok
  2. keberanian mengambil keputusan serta dapat membentuk fisik yang sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
  3. Jalur hiking sangat bervariasi, mulai dari track yang mendatar, menurun dan mendaki/menanjak sehingga dapat memberikan kesan petualangan dialam bebas yang dapat membentuk jiwa kebersamaan didalam kelompok
  4. anak-anak diajarkan untuk berdisiplin dengan cara membagi kelompok hiking menjadi kelompok-kelompok kecil.
  5. Anggota kelompok berjalan secara berurutan satu-persatu dan tidak diperbolehkan untuk saling mendahului dari mulai awal hiking hingga berakhir, dengan demikian rasa kebersamaan dalam kelompok dapat tetap terjaga.
  6. Melatih kecerdasan motorik. Saat melakukan berbagai aktifitas outdoor, otomatis seluruh bagian tubuh akan bergerak.
  7. Menambah pengetahuan dan pemahaman anak tentang alam. Beragam flora dan fauna yang belum pernah dilihat sebelumnya tentu saja akan menambah wawasan.
  8. Merangsang anak menjadi lebih responsif terhadap lingkungan sekitar sehingga anak lebih berempati terhadap lingkungan.
  9. Anak dan orang tua mempunyai quality time agar terciptanya keterikatan batin yang kuat, yang sebbelumnya jarang ditemui apalagi saat orang tua bekerja dan jarang menemani kegiatan anak.
  10. Belajar untuk survive. Pengalaman baru akan membuat anak beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam kondisi tertentu, anak akan dihadapkan pada kenyataan untuk survive.

Demikian beberapa manfaat dari kegiatan hiking yang kami paparkan, sebetulnya banyak sekali manfaat hiking yang akan bisa dirasakan oleh anak berkebutuhan khusus dan orang tua nya. Sangat penting dan perlu diperhatinkan dalam kegiatan hiking ini adalah keselamatan dan keamanan bagi anak. Hiking bersama anak berkebutuhan khusus tentunya akan sangat berbeda dengan membawa hiking anak-anak dengan perkembangan normal. Perlu kesabaran lebih dan bantuan-bantuan khusus yang setiap saat harus diberikan, tanpa membuat anak kehilangan kesempatan belajar.

Walaupun hiking ini bisa diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus tidak semua anak berkebutuhan khusus disarankan mencoba kegiatan ini. Misalnya bagi anak berkebutuhan khusus dengan cerebral palsy dan memiliki derajat ketunaan yang berat, anak berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda. Orang tua harus jeli juga dalam mengikutsertakan anak berkebutuhan khususnya dalam kegiatan hiking ini. Para instruktur / fasilitator hiking juga biasanya akan memberikan saran yang baik apakah anak mampu mengikuti hiking atau tidak.

Dibawah ini akan kami berikan beberapa foto hasil dokumentasi saat kami ikut hiking bersama Terapi Alam :

Briefing sebelum hiking.Sebelum hiking para fasilitator / pembimbing hiking selalu di briefing dulu oleh koordinator, berperan sebagai koordinator Terapi Alam adalah bu Wati. Berbaju merah seragam Terapi Alam itu ada pak Heri, sedangkan berseragam oranye itu adalah pak Andri. Admin pastinya dibelakang kamera, sedangkan yang mengundang admin untuk ikut dalam kegiatan ini adalah teman dari kampus UPI yang berjaket coklat sedang duduk yaitu kang Andri Sudiarsa dan teh Nur Syafilia.

Kang Andri sedang mendampingi salah satu anak berkebutuhan khusus.

Pak Heri menjadikan trotoar sebagai rintangan yang harus dilalui anak.

 

Perkampungan warga bisa dijadikan pembelajaran bagi anak, terutama dalam hal bersosialisasi.

Semoga postingan kami kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca blog Kabar PLB, tidak lupa kami haturkan terima kasih kepada Kang Andri, Teh Nur, dan Kang Deni yang berhalangan ikut saat kegiatan hiking yang kami hadiri kali ini. Terima kasih telah memberikan kesempatan belajar dan mendapatkan pengalaman berharga. Tidak percuma jauh-jauh ke Bandung dan disambut baik oleh teman-teman yang lagi menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Pendidikan Luar Biasa di kampus UPI ini.

Salam Luar Biasa.

 

Categories: Cerita-cerita Luar Biasa, Tips-tips menangani anak berkebutuhan khusus | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Hiking Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

  1. rya heart

    Luar biasa..mg dikemudian hari bisa dilaksanakan ditempat kami..Tq

  2. Rifah Zainani

    saya punya anak tuna runggu, bagaimana jika anak saya ingin bergabung dengan kegiatan untuk anak tunabrungu biar memiliki aktivitas yg kreatif, tidak hanya sekolah dan di rumah saja

  3. Rifah Zainani

    saya punya anak tuna rungu kelas 1 SMP, bagaimana jika ingin bergabung atau mendapatkan informasi tentang aktivitas yang bisa diikuti oleh anak tuna runggu, agar anak saya memiliki aktivitas selain sekolah, terima kasih mohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: