Perkembangan Anak Tunarungu

Kali ini akan kami bahas perkembangan pada anak dengan gangguan pendengaran, atau lebih dikenal dengan tunarungu. Dalam posting ini kami akan bahasa perkembangan dari aspek kognitif, bahasa bicara, emosi, sosial, dan perilaku. Semoga bermanfaat.

a. Perkembangan Kognitif Anak Tunarungu

Pada umumnya intelegensi anak tunarungu secara potensial sama dengan anak pada umumnya tetapi secara fungsional perkembangannya dipengaruhi oleh tingkat kemampuan berbahasanya, keterbatasan informasi, dan kiranya daya abstraksi anak. Akibat ketunarunguannya menghambat proses pencapaian pengetahuan yang lebih luas. Dengan demikian, perkembangan intelegensi secara fungsional mengalami hambatan. Perkembangan kognitif anak tunarungu sangat dipengaruhi oleh perkembangan bahasa, sehingga hambatan pada bahasa, akan menghambat perkembangan intelegensi anak tunarungu.

Kerendahan tingkat intelegensi anak tunarungu bukan berasal dari hambatan intelektualnya yang rendah, melainkan karena secara umum intelegensinya tidak mendapat kesempatan untuk berkembang. Tidak semua aspek intelegensi anak tunarungu terhambat, yang terhambat hanyalah perkembangan yang bersifat verbal. Aspek intelegensi yang bersumber pada penglihatan dan motorik tidak banyak mengalami hambatan tetapi justru berkembang lebih cepat. Ada beberapa ahli ilmu jiwa mengatakan bahwa kemampuan kognitif sangat erat hubungannya dengan bahasa. Sebaliknya ada pula yang berpendapat bahwa anak tunarungu tidak harus lebih rendah taraf intelegensinya dibandingkan anak pada umunya.

b. Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Tunarungu  

Perkembangan bahasa dan bicara berkaitan erat dengan ketajaman pendengaran. Akibat terbatasnya ketajaman pendengaran, anak tunarungu tidak mampu mendengar dengan baik. Dengan demikian pada anak tunarungu tidak terjadi proses peniruan suara setelah masa meraban, proses peniruannya terbatas pada peniruan visual. Bahasa mempunyai peranan pokok sebagai media untuk berkomunikasi. Dalam fungsinya dapat pula dibedakan berbagai peran lain dari bahasa, seperti :

  • Bahasa sebagai wahana untuk mengadakan kontak atau hubungan.
  • Untuk mengungkapakan perasaan, kebutuhan dan keinginan
  • Untuk mengatur dan menguasai tingkah laku orang lain.
  • Untuk pemberian informasi.
  • Untuk memperoleh pengetahuan.

Perkembangan kemampuan bahasa dan komunikasi anak tunarungu terutama yang tergolong tunarungu total tentu tidak mungkin untuk sampai pada penguasaan bahasa melalui pendengarannya, melainkan harus melalui komunikasi bagi anak tunarungu mempergunakan segala aspek yang ada pada dirinya.

Adapun berbagai media komunikasi yang dapat digunakan, sebagai berikut :

  • Bagi anak tunarungu yang mampu bicara, tetap menggunakan bicara sebagai media dan membaca ujaran sebagai saran penarimaan dan pihak anak tunarungu.
  • Menggunakan media tulisan dan membaca sebagai sarana penerimanya.
  • Menggunakan Isyarat sebagai media.

c. Perkembangan Emosi Anak Tunarungu

Kekurangan akan pemahaman bahasa lisan atau tulisan seringkali menyebabkan anak tunarungu menafsirkan sesuatu secara negatif atau salah dan ini sering menjadi tekanan bagi emosinya. Tekanan pada emosinya itu dapat menghambat perkembangan pribadinya dengan menampilkan sikap menutup diri, bertindak agresif atau sebaliknya menampakkan kebimbangan dan keragu-raguan. Emosi anak tunarungu selalu bergolak disatu pihak karena kemiskina bahasanya dan pihak lain karena pengaruh dari liuar yang diterimanya. Anak tunarungu bila ditegur oleh orang yang tidak dikenalnya akan tampak resah dan gelisah.

d. Perkembangan Sosial Anak Tunarungu.

Manusia sebagai makhluksosial selalu memerlukan kebersamaan dengan orang lain. Demikian  pula anak tunarungu, ia tidak terlepas dari kebutuhan tersebut. Akan tetapi karena mereka memiliki kelainan dalam segi fisik, biasanya akan menyebabkan suatu kelainan dalam segi fisik, biasanya akan menyebabkan suatu kelainan dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan. Pada umumnya lingkungan melihat mereka sebagai individu yang memiliki kekurangan dan menilainya sebagai seseorang yang kurang berkarya. Dengan penilaian lingkungan yang demikian, anak tunarungu merasa benar-benar kurang berharga. Dengan demikian dari penilaian yang demikian juga memberikan pengaruh yang benar-benar besar terhadap perkembangan fungsi social. Anak tunarungu banyak dihinggapi kecemasan karena menghadapi lingkungan yang beraneka ragam komunikasinya, hal seperti ini akan membingungkan anak tunarungu. Anak tunarungu sering mengalami berbagai konflik, kebingungan, dan ketakutan karena ia sebenarnya hidup dalam lingkungan yang bermacam-macan.

Hubungan social banyak ditentukan oleh komunikasi antara seseorang dengan orang lain. Kesulitan komunikasi tidak bisa dihindari. Namun bagi anak tunarungu tidaklah demikian karena anak ini mengalami hambatan dalam berbicara. Kemiskinan bahasa membuat dia tidak mampu terlibat secara baik dalam situasi sosialnya. Sebaliknya, orang lain akan sulit memahami perasaan dan pikirannya.

e. Perkembangan perilaku Anak Tunarungu

Perkembangan kepribadian banyak ditentukan oleh hubungan antara anak dan orang tua terutama ibunya, khususnya pada masa awal perkembangan anak tunarungu. Perkembangan kepribadian terjadi dalam pergaulan atau perluasan pengalaman pada umumnya dengan diarahkan pada factor sendiri. Pertemuan antara factor-faktor dalam diri anak tunarungu, yaitu ketidakmampuan menerima rangsangan pendengaran, kemiskinan bahasa, ketidaktetapan emosi, dan keterbatasan inlegensi dihubungkan dengan sikap lingkungan terhadapnya menghambat perkembangan kepribadiannya.

Categories: Tunarungu | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Perkembangan Anak Tunarungu

  1. Reblogged this on fariidhidayat and commented:
    My fav post!!

  2. kalok ngepost, bisa disertakan dengan daftar pustakanya tidak? terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: