Menciptakan Iklim Ruangan Kelas yang Inklusif

Postingan kali ini akan kami coba berikan beberapa tips mengenai menciptakan kelas Inklusif, bisa kita artikan sementara sebagai kelas yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan siswa secara individual dalam setting kelas yang berkelompok. Semoga postingan kami kali ini bisa sedikit memberikan sumbangsih pengetahuan bagi guru-guru yang di kelasnya memiliki siswa berkebutuhan khusus, terutama untuk sekolah-sekolah umum yang sudah mau menerima keberadaan anak berkebutuhan khusus tanpa memaksakan anak agar mampu menyamai kemampuan-kemampuan teman sebayanya.

Bagian yang penting dalam melaksanakan kelas inklusif adalah menciptakan standar yang positif bagi tingkah laku dan memastikan suasana kelas mendukung dan membantu semua siswa. Berikut dibawah ini adalah cara-caranya, yaitu:

  • Ciptakan standar yang tegas tapi adil pada awal tahun ajaran. Anda harus memberikan pesan yang jelas kalau Anda berharap ruangan kelas Anda menjadi sebuah tempat yang menunjukkan rasa saling hormat, bersahabat dan tempat untuk belajar.
  • Jika anda mengajar dalam sebuah tim, pastikan semua anggota tim yang memberikan instruksi menggunakan praktik-praktik disiplin yang konsisten.  Siswa akan menjadi marah dan frustrasi jika mereka harus berhadapan dengan pengharapan dan konsekuensi tingkah laku yang berbeda dalam sebuah keadaan yang sama.
  • Pertimbangkan untuk memperkenalkan alat manajemen kelas sendiri, misalnya dengan mengajarkan siswa untuk melakukan pertemuan kelas dan mengambil keputusan bersama-sama tentang beberapa hal dan kejadian setiap minggunya.
  • Peraturan-peraturan kelas: pastikan peraturan diberikan singkat dan ramah. Peraturan dalam kelas biasanya akan cenderung efektif jika jumlahnya sedikit (misalnya 3 hingga 5) dan dinyatakan jika mungkin dengan menggunakan kata-kata yang positif (misalnya, “Bekerjalah sendiri dengan tenang di meja masing-masing” dari pada “Jangan mengganggu siswa lainnya!”).
  • Siswa akan lebih menghormati peraturan yang ada jika mereka diberikan kesempatan untuk ikut memformulasikan peraturan tersebut. Pampangkan peraturan di tempat yang terlihat dengan mudah dan terkadang dibahas untuk mengingatkan siswa-siswa bahwa anda menghargai tingkah laku yang pantas.
  • Kenali siswa-siswa anda sejak dari awal. Kemungkinan siswa bersikap buruk atau atau bersikap tidak hormat terhadap gurunya akan berkurang jika sang siswa memiliki hubungan yang positif dengan gurunya. Kenali setiap individu di dalam kelas dengan melakukan survey singkat akan hal yang menarik serta jenis penghargaan yang diinginkan pada awal tahun ajaran.
  • Setiap gerakan yang anda lakukan … mereka memperhatikan Anda! Guru jangan pernah lupa kalau mereka adalah model yang sangat berpengaruh pada siswa-siswanya. Karena guru akan membentuk peri laku siswa berdasarkan contoh yang diberikan, maka guru juga harus menempatkan dirinya pada standar dalam hal bersikap dan rasa hormat yang sama seperti yang diharapkannya dari para siswa.
  • Buat sebuah rencana krisis kelas bersama-sama siswa – siswa rencana yang akan anda gunakan jika ada sebuah krisis yang muncul. Jika anda memiliki sebuah rencana, tanggapan yang akan anda berikan jika sebuah suasana krisis muncul (misalnya ada serangan asma, kecelakaan atau orang tidak dikenal masuk, dll) akan lebih cepat dan sesuai.
  • Pastikan siswa-siswa anda tahu betapa anda sangat bersemangat dalam hal belakar dan mengajar. Siswa akan menunjukkan sikap yang antusias dan hormat pada guru yang juga sangat suka belajar.

Barangkali ada yang belum dipahami atau akan ada yang ditanyakan, silahkan isi saja di comment box. Nanti akan coba kita diskusikan bersama.

Semoga bermanfaat. Salam Luar Biasa.

Categories: Inklusif, Tips-tips menangani anak berkebutuhan khusus | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: