Kesulitan Belajar Pada Anak

Kesulitan belajar merupakan suatu konsep multidisipliner yang digunakan di berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu pendidikan, psikologi, dan ilmu kedokteran. Pada tahun 1963 Samuel. A. Kirk (Mulyono Abdurrahman. 2003:6) menyarankan penyatuan nama-nama gangguan belajar seperti disfungsi otak minimal (Minimal Brain Function), gangguan neurologis (Neurological Disorder), Disleksia (Dislexia), afasia perkembangan (Developmental Aphasia).

The United States Office of Education (USEO) pada tahun 1977 mengemukakan definisi kesulitan belajar. Definisi tersebut dikutip oleh Hallahan, Kaufman, dan Lloyd, seperti berikut ini : (Mulyono Abdurrahman, 2003:6)

Kesulitan belajar khusus adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologi dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran dan tulisan. Gangguan tersebut mungkin menampakkan diri  dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja, dan berhitung. Batasan tersebut mencakup kondisi-kondisi seperti gangguan perseptual, luka pada otak, disleksia, dan afasia perkembangan. Batasan tersebut tidak mencakup anak-anak yang memiliki problema belajar yang penyebab utamanya berasal dari hambatan dalam penglihatan, pendengaran, atau motorik, hambatan karena tunagrahita, karena gangguan emosional, atau kemiskinan lingkungan, budaya, atau ekonomi.

The National Joint Committee for Learning Disabilities (NJCLD) (Mulyono Abdurrahman, 2003:7) mengemukakan definisi kesulitan belajar sebagai berikut :

Kesulitan belajar menunjuk pada sekelompok kesulitan yang dimanifestasikan dalam bentuk kesulitan yang nyata dalam kemahiran dan penggunaan kemampuan mendengarkan, bercakap-cakap, membaca, menulis, menalar, atau kemampuan, dalam bidang studi matematika. Gangguan tersebut intrinsik dan diduga disebabkan oleh adanya disfungsi sistem syaraf pusat. Meskipun suatu kesulitan belajar mungkin terjadi bersamaan dengan adanya kondisi lain yang mengganggu (misalnya gangguan sensoris, tunagrhita, hambatan sosial dan emosional) atau berbagai pengaruh lingkungan misalnya pebedaan budaya, pembelajaran yang tidak tepat, faktor-faktor psikogenetik, berbagai hambatan tersebut, bukan penyebab atau pengaruh langsung.

The Board of the Association for Children and Adult with Learning Disabilities (ACALD)  (Mulyono Aburrahman,    2003:8) mengemukakan definisi tentang kesulitan belajar, yaitu :

Kesulitan belajar khusus adalah suatu kondisi kronis yang diduga bersumber neurologis yang secara selektif mengganggu perkembangan, integrasi dan kemampuan verbal atau non-verbal.

Kesulitan belajar khusus tampil sebagai kondisi ketidakmampuan yang nyata pada orang-orang yang memiliki intelegensi rata-rata hingga superior, yang memiliki sistem sensoris yang cukup, dan kesempatan untuk belajar yang cukup, dan kesempatan untuk belajar yang cukup pula. Berbagai kondisi tersebut bervariasi dalam perwujudan dan derajatnya. Kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap harga diri, pendidikan, pekerjaan, sosialisasi, aktivitas kehidupan sehari-hari sepanjang kehidupan.

Dari ketiga ketiga definisi diatas bisa disimpulkan bahwa anak berkesulitan belajar adalah anak yang memiliki hambatan atau gangguan pada  satu atau lebih aspek psikologi dasarnya. Sehingga dia mengalami kesukaran dalam membaca, menulis, mengeja, berhitung, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan penggunaan psikologi dasar. Namun, anak berkesulitan belajar bukan anak yang tergolong pada anak tunagrahita (terbelakang mental).

Semoga bermanfaat. Salam Luar Biasa

Sumber:

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Categories: Anak dengan kesulitan belajar | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Zullies Ikawati's Weblog

We've shared together

Tinta Emas Guru

goreskan semua pengalamanmu agar semakin bermanfaat. guruabk.wordpress.com

Gadis Ransel

Travel is my soul

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Anotasi

Sekadar catatan saja...

%d bloggers like this: